finnews.id – Peningkatan jumlah penumpang Kereta Cepat Whoosh terjadi di stasiun pada H-3 Lebaran atau Jumat 28 Maret 2025. Bahkan, akan ada sekitar 20.000 pemudik yang menggunakan Whoosh pada Mudik Lebaran tahun ini.
“Diprediksi jumlah penumpang hari ini akan mencapai 18.000 sampai 20.000. Angka tersebut meningkat jika dibandingkan hari kemarin yang berkisar di 16.000 penumpang per hari,” kata Corporate Secretary PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), Eva Chairunisa dalam keterangannya kepada wartawan, Jumat 28 Maret 2025.
Eva menjelaskan, KCIC memproyeksikan jumlah penumpang Whoosh selama angkutan Lebaran akan meningkat hingga 30 persen atau mencapai hingga 24.000 penumpang per hari. Pada hari kerja biasa, kata dia, jumlah penumpang Whoosh berkisar antara 16.000 hingga 18.000 per hari.
“Sedangkan pada akhir pekan bisa mencapai 18.000 hingga 21.000 penumpang per hari. Adapun peningkatan volume puncak untuk keberangkatan dari Halim menuju Bandung dan sebaliknya diperkirakan akan terjadi mulai tanggal 2 sampai dengan 11 April,” terang Eva.
Eva mengingatkan seluruh penumpang untuk segera melakukan pemesanan tiket melalui kanal online yaitu aplikasi Whoosh, website ticket.kcic.co.id, Access by KAI, Livin’ by Mandiri, BRImo, Wondr by BNI, Tiket.com, maupun secara offline di loket dan vending machine di stasiun.
“Selama masa angkutan Lebaran, yang berlangsung dari 21 Maret 2025 hingga 11 April 2025 atau H-10 hingga H+10 Lebaran, KCIC mengoperasikan 1.346 KA dengan total kapasitas mencapai 808 ribu tempat duduk,” kata Eva.
Eva mengatakan, KCIC setiap harinya mengoperasikan 62 jadwal perjalanan Whoosh dengan headway setiap 30 menit. Jumlahnya meningkat 20 persen dibandingkan angkutan lebaran 2024, di mana KCIC mengoperasikan sebanyak 52 perjalanan Whoosh per hari.
“Untuk memastikan keamanan dan keselamatan perjalanan Whoosh, KCIC menugaskan total 530 petugas pengamanan yang tersebar di seluruh stasiun dan jalur kereta. Petugas ini merupakan gabungan dari personel keamanan internal KCIC, TNI, dan Polri. Selain itu, KCIC juga menugaskan sebanyak 50 petugas Passenger Service Mobile yang siap membantu pelayanan penumpang di berbagai stasiun Whoosh,” terang Eva.