Finnews.id – Polrestabes Semarang resmi menetapkan Gilang (22), sopir bus PO Cahaya Trans, sebagai tersangka dalam kecelakaan tragis yang menewaskan 16 orang di simpang susun Exit Tol Krapyak, Kota Semarang. Dalam pemeriksaan intensif, terungkap fakta baru mengenai ketidaktahuan sopir terhadap medan jalan serta kendala teknis pada kendaraan nahas tersebut.
Kapolrestabes Semarang, Kombes Muhammad Syahduddi, mengungkapkan bahwa tersangka Gilang terbukti kurang menguasai karakter jalur di lokasi kejadian. Akibatnya, manuver dadakan yang ia lakukan justru berujung pada maut bagi belasan penumpangnya.
Pengakuan Sopir: Terkejut dan Gagal Pengereman
Di hadapan penyidik, Gilang mengaku sangat terkejut saat memasuki jalur simpang susun Tol Krapyak dengan kecepatan tinggi. Ia tidak menyadari bahwa di depannya terdapat tikungan tajam ke arah kiri. Pengakuannya mengungkap bahwa ini adalah kali kedua ia mengemudikan bus tersebut melintasi jalur tersebut.
“Tersangka mengaku tidak sempat menginjak rem. Ia berupaya menurunkan transmisi dari gigi 6 ke gigi 5, namun tidak berhasil,” jelas Kombes Syahduddi dalam konferensi pers di Pos Terpadu Nataru Simpang Lima, Selasa 23 Desemver 2025.
Karena waktu yang semakin sempit, Gilang membanting setir ke kiri, namun bus justru oleng ke kanan dan terbalik.
Misteri Kecepatan dan Speedometer Mati
Meskipun bus PO Cahaya Trans secara umum dinyatakan laik jalan oleh Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD), polisi menemukan fakta janggal pada panel instrumen kendaraan. Tim Traffic Accident Analysis (TAA) Polda Jateng dan Korlantas Polri menemukan bahwa speedometer bus tersebut dalam kondisi tidak berfungsi.
Kondisi speedometer yang mati membuat pihak kepolisian belum bisa memastikan kecepatan pasti bus saat menghantam lokasi kejadian. Namun, tersangka Gilang telah mengakui bahwa ia memacu kendaraan dengan kecepatan cukup tinggi saat memasuki tempat kejadian perkara (TKP).
Kondisi Teknis Bus Diklaim Baik
Menariknya, hasil penelitian awal terhadap fisik bus menunjukkan bahwa sistem pengereman dan kondisi ban sebenarnya dalam keadaan cukup baik. Hal ini memperkuat dugaan bahwa faktor manusia atau human error menjadi penyebab utama kecelakaan ini.
- Berita Semarang
- Exit Tol Krapyak
- info lalu lintas
- Jawa Tengah
- Kecelakaan Bus
- kecelakaan bus Semarang
- kecelakaan maut
- Pengakuan sopir bus maut Exit Tol Krapyak
- penyebab kecelakaan bus PO Cahaya Trans Semarang
- PO Cahaya Trans
- polrestabes semarang
- Semarang
- Sopir Bus Jadi Tersangka
- Sopir Bus Tersangka
- speedometer bus Cahaya Trans mati saat kecelakaan