Finnews.id – BNPT mengungkap tren rekrutmen terorisme melalui game online yang menyasar anak muda. Pemerintah menegaskan perlunya regulasi tanpa menyalahkan game secara sepihak, menyusul kasus ledakan SMAN 72 Jakarta.
Game Online Fenomena Baru Rekrutmen Terorisme di Ranah Digital
Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menyoroti munculnya pola baru rekrutmen kelompok ekstremis yang memanfaatkan ruang digital, termasuk platform game online.
Kepala BNPT Eddy Hartono menyebut tren ini sudah terdeteksi dan menunjukkan peningkatan, terutama pada kelompok usia muda yang aktif di media sosial dan permainan daring.
“Beberapa jaringan terorisme di Indonesia merekrut anak-anak muda lewat media sosial termasuk game online dan telah kami tindaklanjuti,” kata Eddy dalam keterangan tertulis, Kamis 13 November 2025.
Peringatan ini disampaikan saat Eddy menerima kunjungan Chairman of the International Steering Board of Hedayah, Dr. Ali Rashid Alnuaimi, di Jakarta. Keduanya membahas perkembangan ancaman digital yang semakin kompleks.
Game Online Dinilai Jadi Kanal Baru Perekrutan
Dr. Ali Rashid Alnuaimi menegaskan bahwa metode rekrutmen ekstremis mengalami perubahan signifikan. Jika sebelumnya kelompok teroris berkomunikasi langsung atau melalui media sosial, kini mereka memanfaatkan ekosistem game untuk menjaring simpatisan muda.
“Kelompok teroris merekrut kombatan dengan game online,” ujarnya.
Menurut Rashid, anak muda mudah terjerat karena merasa hanya “sedang bermain”, padahal ada pesan ideologis yang disisipkan.
Ia memperingatkan bahwa ancaman ini bersifat global sehingga memerlukan respons strategis. Rashid juga menekankan pentingnya peran BNPT sebagai garda terdepan keamanan nasional.
BNPT Genjot Penguatan Ruang Digital
BNPT berupaya menutup celah radikalisasi dengan memperkuat literasi digital melalui program Duta Damai. Program ini mengajak anak muda untuk mengisi ruang internet dengan narasi positif dan memperkuat strategi kontra-radikalisasi.
Eddy menilai bahwa pelibatan generasi muda menjadi langkah penting untuk merespons pola rekrutmen yang kini berpindah ke ranah digital interaktif seperti game online.
- analisis BNPT soal rekrutmen terorisme di platform digital
- BNPT
- dampak game perang terhadap pelajar Indonesia
- fenomena radikalisasi anak lewat game online Indonesia
- game online
- keamanan digital
- kebijakan digital
- pemerintah
- radikalisasi anak
- regulasi game online pasca ledakan SMAN 72
- sikap pemerintah terhadap kekerasan digital dan game FPS
- SMAN 72
- Terorisme