Penghapusan kanal IMIP Airport di situs resmi AFM Aviasi belum mendapat penjelasan resmi dari pihak manajemen.
Finnes.id sudah berusaha mengonfirmasi AFM Aviasi melalui pesan Whats App nomor: 0818-120-XXX. Hingga berita ini ditayangkan, pihak AFM Aviasi belum memberikan jawaban.
Yang jelas, penghapusan kanal IMIP Airport itu berdekatan dengan memanasnya isu kedaulatan di Bandara IMIP.
Latihan militer yang digelar pada 19–20 November di area IMIP memperkuat dugaan pemerintah sedang meningkatkan kontrol atas fasilitas itu.
Apakah penghapusan kanal IMIP Airport ini merupakan langkah preventif, strategi komunikasi publik, atau ada alasan lain yang lebih besar?

Tahun 2016 Ditolak Ignasius Jonan
Pada tahun 2016, Kementerian Perhubungan di bawah kepemimpinan Ignasius Jonan menolak permohonan izin pembangunan bandara privat IMIP.
Keputusan ini dibuat dalam periode Jonan menjabat sebagai Menteri Perhubungan sejak 27 Oktober 2014.
Selama ini Jonan dikenal dengan sikap tegasnya dalam penerapan regulasi. Termasuk dalam hal perizinan bandara.
Penolakan ini terjadi sebelum Jonan digeser dari posisinya sebagai Menhub dalam reshuffle kabinet yang dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi).
Izin Terbit Tahun 2017
Pergantian pucuk pimpinan di Kementerian Perhubungan membawa angin perubahan bagi proyek bandara IMIP.
Budi Karya Sumadi yang menggantikan Jonan pada 27 Juli 2016 memberikan restu alias persetujuan yang sebelumnya ditolak.
Dalam waktu relatif singkat setelah pergantian menteri, tepatnya pada tahun 2017, pembangunan bandara privat IMIP akhirnya dimulai dengan izin yang telah diperoleh.
Dua tahun kemudian, tepatnya 2019 bandara itu selesai. Jokowi sendiri yang meresmikan Bandara tersebut.
Perbedaan pendekatan antara dua menteri ini menimbulkan pertanyaan mendasar tentang konsistensi kebijakan perizinan bandara privat di Indonesia.
Dari yang semula ditolak, bandara IMIP akhirnya bisa dibangun dan beroperasi. Yang terbaru, kini jadi sorotan karena ketiadaan aparat Bea Cukai dan Imigrasi.
Fakta bandara ini dibangun pada 2017—hanya setahun setelah pergantian menteri—memperkuat dugaan adanya perubahan kebijakan yang signifikan dalam proses perizinan bandara privat.
Konteks Politik dan Aspek Pengawasan Negara
Periode 2016-2017 menjadi masa krusial dalam perjalanan izin bandara IMIP. Transisi kepemimpinan di Kementerian Perhubungan berimplikasi langsung pada nasib proyek strategis ini.
- AFM Aviasi
- AFM Aviasi hapus Bandara IMIP dari website
- AFM Aviasi Hapus IMIP Airport
- Alasan AFM Aviasi hapus Bandara IMIP
- alasan AFM Aviasi hapus IMIP Airport
- alasan AFM Aviasi menghapus IMIP Airport dari website resmi
- Bandara IMIP
- Bandara IMIP Kontroversi Kedaulatan
- bandara khusus IMIP
- Bandara Morowali
- dampak pernyataan Sjafrie ke bisnis aviasi
- dugaan negara dalam negara di Morowali
- ground handler bandara privat Indonesia
- Ground Handling Jet Pribadi Indonesia
- Hubungan AFM Aviasi dan Bandara IMIP
- hubungan AFM Aviasi dengan operasional Bandara IMIP
- IMIP Airport
- IMIP Airport ‘LENYAP’ dari Website AFM Aviasi
- Isu "negara dalam negara" Bandara IMIP
- Isu Bandara Swasta Morowali Menhan
- jasa ground handling pesawat pribadi Jakarta
- Kedaulatan Negara
- kontroversi bandara khusus IMIP dan pernyataan Menhan
- layanan ground handling swasta di bandara khusus Indonesia
- Layanan Izin Penerbangan AFM Aviasi
- Menhan Sjafrie
- profil dan pemilik PT AFM Aviasi Indonesia
- Profil PT AFM Aviasi Indonesia
- PT AFM Aviasi Indonesia
- situs AFM Aviasi
- Situs resmi AFM Aviasi IMIP Airport
- Take Down
- Wando Suripto Pendiri AFM Aviasi
- Website AFM Aviasi