Home News MENDADAK HILANG! IMIP Airport ‘LENYAP’ dari Website AFM Aviasi, ADA APA?
News

MENDADAK HILANG! IMIP Airport ‘LENYAP’ dari Website AFM Aviasi, ADA APA?

Bagikan
MENDADAK HILANG, IMIP Airport ‘LENYAP’ dari Website AFM Aviasi
MENDADAK HILANG, IMIP Airport ‘LENYAP’ dari Website AFM Aviasi
Bagikan

Penghapusan kanal IMIP Airport di situs resmi AFM Aviasi belum mendapat penjelasan resmi dari pihak manajemen.

Finnes.id sudah berusaha mengonfirmasi AFM Aviasi melalui pesan Whats App nomor: 0818-120-XXX. Hingga berita ini ditayangkan, pihak AFM Aviasi belum memberikan jawaban.

Yang jelas, penghapusan kanal IMIP Airport itu berdekatan dengan memanasnya isu kedaulatan di Bandara IMIP.

Latihan militer yang digelar pada 19–20 November di area IMIP memperkuat dugaan pemerintah sedang meningkatkan kontrol atas fasilitas itu.

Apakah penghapusan kanal IMIP Airport ini merupakan langkah preventif, strategi komunikasi publik, atau ada alasan lain yang lebih besar?

SKANDAL BANDARA ILEGAL, Diresmikan Jokowi, Gak Ada Bea Cukai & Imigrasi, KOK BISA, Siapa yang BERKUASA DI SANA

Tahun 2016 Ditolak Ignasius Jonan

Pada tahun 2016, Kementerian Perhubungan di bawah kepemimpinan Ignasius Jonan menolak permohonan izin pembangunan bandara privat IMIP.

Keputusan ini dibuat dalam periode Jonan menjabat sebagai Menteri Perhubungan sejak 27 Oktober 2014.

Selama ini Jonan dikenal dengan sikap tegasnya dalam penerapan regulasi. Termasuk dalam hal perizinan bandara.

Penolakan ini terjadi sebelum Jonan digeser dari posisinya sebagai Menhub dalam reshuffle kabinet yang dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Izin Terbit Tahun 2017

Pergantian pucuk pimpinan di Kementerian Perhubungan membawa angin perubahan bagi proyek bandara IMIP.

Budi Karya Sumadi yang menggantikan Jonan pada 27 Juli 2016 memberikan restu alias persetujuan yang sebelumnya ditolak.

Dalam waktu relatif singkat setelah pergantian menteri, tepatnya pada tahun 2017, pembangunan bandara privat IMIP akhirnya dimulai dengan izin yang telah diperoleh.

Dua tahun kemudian, tepatnya 2019 bandara itu selesai. Jokowi sendiri yang meresmikan Bandara tersebut.

Perbedaan pendekatan antara dua menteri ini menimbulkan pertanyaan mendasar tentang konsistensi kebijakan perizinan bandara privat di Indonesia.

Dari yang semula ditolak, bandara IMIP akhirnya bisa dibangun dan beroperasi. Yang terbaru, kini jadi sorotan karena ketiadaan aparat Bea Cukai dan Imigrasi.

Fakta bandara ini dibangun pada 2017—hanya setahun setelah pergantian menteri—memperkuat dugaan adanya perubahan kebijakan yang signifikan dalam proses perizinan bandara privat.

Konteks Politik dan Aspek Pengawasan Negara

Periode 2016-2017 menjadi masa krusial dalam perjalanan izin bandara IMIP. Transisi kepemimpinan di Kementerian Perhubungan berimplikasi langsung pada nasib proyek strategis ini.

Bagikan
Artikel Terkait
Lotharia Latif, diangkat sebagai Dirjen Perikanan Tangkap KKP
News

P3K Kok Jadi Dirjen KKP? ISPI: Ini soal Kompetensi, Profesional Muda Terpinggirkan

Ilyas memperingatkan mempertahankan pola ini akan berdampak serius. Seperti kinerja kebijakan sektor...

News

Jepang Terkenal ‘On Time’, Tapi PM-nya Telat Hampir Sejam di KTT G20

Mengutip dari Manaichi, Takaichi mengakui di akun X ia kesulitan untuk memilih...

TNI seleksi prajurit untuk pasukan perdamaian ke Gaza.
News

TNI AU Kerahkan 3.650 Personel Gabung Pasukan Perdamaian RI ke Gaza

finnews.id – TNI AU akan mengerahkan 3.650 personel untuk menjalankan misi pemelihara...