Budi Karya Sumadi yang menggantikan Jonan pada 27 Juli 2016 memberikan restu alias persetujuan yang sebelumnya ditolak.
Dalam waktu relatif singkat setelah pergantian menteri, tepatnya pada tahun 2017, pembangunan bandara privat IMIP akhirnya dimulai dengan izin yang telah diperoleh.
Dua tahun kemudian, tepatnya 2019 bandara itu selesai. Jokowi sendiri yang meresmikan Bandara tersebut.
Perbedaan pendekatan antara dua menteri ini menimbulkan pertanyaan mendasar tentang konsistensi kebijakan perizinan bandara privat di Indonesia.
Dari yang semula ditolak, bandara IMIP akhirnya bisa dibangun dan beroperasi. Yang terbaru, kini jadi sorotan karena ketiadaan aparat Bea Cukai dan Imigrasi.
Fakta bandara ini dibangun pada 2017—hanya setahun setelah pergantian menteri—memperkuat dugaan adanya perubahan kebijakan yang signifikan dalam proses perizinan bandara privat.
Regulasi Perizinan
Periode 2016-2017 menjadi masa krusial dalam perjalanan izin bandara IMIP. Transisi kepemimpinan di Kementerian Perhubungan berimplikasi langsung pada nasib proyek strategis ini.
Perbedaan interpretasi regulasi dan pertimbangan teknis antara dua era kepemimpinan tersebut tentu dapat jadi bahan analisis mendalam.
Terutama terkait dengan kepatuhan terhadap aspek kedaulatan negara dan pengawasan lalu lintas barang serta orang.
Dengan adanya temuan terbaru tentang ketiadaan aparat Bea Cukai dan Imigrasi di bandara tersebut, sejarah penolakan Ignasius Jonan pada 2016 semakin menguatkan pertanyaan tentang kelayakan operasional bandara IMIP dari aspek pengawasan negara.

TNI Gelar Latihan Militer di Morowali
Sebelumnya, analis pertahanan Edna Caroline dari Indonesia Strategic and Defense Studies (ISDS) membongkar temuan mengejutkan mengenai Bandara PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP).
Diduga kuat, bandara privat ini beroperasi tanpa kehadiran dan pengawasan otoritas Indonesia.
- akses penerbangan menuju kawasan industri Morowali
- analisis kebijakan transportasi era Jokowi
- aturan bandara swasta internasional 2025
- aturan Kemenhub 2025
- Aturan penerbangan internasional di bandara khusus
- Bandara Eksklusif IMIP
- Bandara Ilegal Morowali
- bandara ilegal tambang nikel
- Bandara IMIP
- Bandara IMIP bisa layani penerbangan internasional
- Bandara IMIP Morowali
- Bandara IMIP Penerbangan Internasional
- Bandara IMIP Sulawesi Tengah
- Bandara IMIP Sulawesi Tengah kode IATA
- Bandara Khusus IMIP di Morowali
- bandara khusus industri Indonesia
- bandara khusus internasional
- Bandara Khusus Sultan Syarief Haroen Setia Negara
- Bandara Morowali
- Bandara Pribadi IMIP
- Bandara privat IMIP
- Bandara Privat IMIP Morowali Viral
- Bandara Privat Morowali
- Bandara Privat Morowali Viral
- Bandara PT IMIP Morowali
- Bandara PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP)
- Bandara Swasta
- Bandara Swasta Indonesia
- Bandara Swasta Morowali
- bandara tanpa bea cukai di kawasan industry
- Bandara Weda Bay Internasional
- Biaya operasional Bandara Swasta IMIP
- BONGKAR SKANDAL IZIN BANDARA IMIP
- Bos PT Indonesia Morowali Industrial Park
- cara mendapatkan izin slot time Bandara IMIP
- Cara menggunakan Bandara IMIP
- daftar komisaris dan direktur IMIP
- Dampak ekonomi bandara ilegal tambang nikel
- dampak ekonomi bandara privat
- Fakta bandara ilegal IMIP Morowali
- fakta bandara tertutup Morowali
- Fasilitas bahan bakar pesawat Air BP Bandara IMIP
- Fasilitas Bandara IMIP
- fasilitas bandara Morowali
- fasilitas bandara swasta IMIP di Morowali
- fasilitas imigrasi dan bea cukai di bandara milik swasta
- Headline
- Ignasius Jonan tolak bandara IMIP
- IMIP
- Investigasi bandara tanpa imigrasi Indonesia
- investigasi kawasan IMIP Morowali
- Isu Kedaulatan Bandara Morowali Menhan
- izin bandara IMIP
- Izin bandara IMIP Budi Karya Sumadi
- izin bandara pribadi IMIP
- izin penerbangan asing Indonesia
- Izin Penerbangan Luar Negeri Bandara IMIP
- Jajaran Direksi PT IMIP
- Jajaran Direksi PT IMIP 2019
- Jajaran Direksi PT IMIP yang Jadi Sorotan 'Negara dalam Negara'
- Kasus Bandara IMIP Bea Cukai
- Kebocoran tambang ilegal Indonesia
- Kedaulatan Bandara
- kedaulatan Indonesia di Morowali
- Kedaulatan Negara
- kepemimpinan PT IMIP Morowali
- Kepmenhub KM 38 Tahun 2025
- Keputusan Menteri Perhubungan Dudy Purwagandhi
- Keputusan Menteri Perhubungan KM 38 Tahun 2025
- keputusan Menteri perhubungan nomor KM 38 2025
- Kerawanan kedaulatan Bandara IMIP
- KM 38 Tahun 2025 Bandara Khusus
- KM 38 Tahun 2025 tentang bandara yang dapat melayani penerbangan internasional
- Kontroversi Bandara IMIP
- kontroversi bandara IMIP Morowali
- kontroversi bandara industri IMIP dan pernyataan Menhan
- KONTROVERSI IZIN BANDARA IMIP
- landasan pacu bandara IMIP
- latar belakang bos PT IMIP
- MENHAN BONGKAR BANDARA TERTUTUP MOROWALI
- Morowali
- negara dalam negara
- operasional bandara IMIP
- Otoritas bandara kawasan industri Morowali
- PCN Landasan Pacu Bandara IMIP
- Pemegang Saham PT Sulawesi Mining Investment
- Penerbangan Internasional
- Penerbangan Internasional Swasta
- penolakan izin bandara IMIP oleh Jonan
- perbandingan kebijakan Jonan vs Budi Karya
- polemik bandara privat Morowali dan isu kedaulatan negara
- profil pengurus PT Indonesia Morowali Industrial Park
- prosedur pendaratan pesawat pribadi di Bandara IMIP
- PT Indonesia Morowali Industrial Park
- regulasi bandara khusus yang bisa melayani penerbangan luar negeri
- sejarah bandara privat IMIP
- Setoran Pajak dan Royalti PT IMIP
- Shanghai Decent Investment Tsingshan Group
- Siapa Saja yang Bisa Mendarat di Bandara IMIP Morowali
- SKANDAL BANDARA ILEGAL
- Skandal Bandara IMIP
- spesifikasi bandara IMIP Morowali
- spesifikasi runway Bandara IMIP
- struktur direksi PT IMIP
- Struktur Kepemilikan PT IMIP
- susunan dewan direksi IMIP
- Syarat Bandara Khusus Layani Internasional
- Syarat pendaratan pesawat di Bandara IMIP
- Syarat penerbangan internasional di Bandara IMIP
- Syarat penerbangan ke Bandara IMIP
- tiket pesawat ke Morowali luar negeri
- Transportasi ke IMIP Morowali