Kepercayaan domestik ini menjadi modal awal yang sangat berharga bagi brand ketika masuk pasar internasional. Reputasi yang terjaga di dalam negeri berpotensi menjadi:
- Paspor reputasi” untuk mengantongi sertifikasi global
- Jalan pembuka untuk kerja sama distribusi
- Alat penunjang untuk mendapatkan pembiayaan ekspor
Modal psikologis konsumen luar negeri yang cenderung menerima brand populer dari negara asalnya
Dengan kata lain, brand lokal yang sudah dipercaya di dalam negeri lebih mudah dipercaya dunia.
Dukungan Pemerintah: Making Indonesia 4.0 hingga Ekspor Produk Halal
Pemerintah terus memperkuat landasan ekonomi ekspor dengan berbagai kebijakan strategis, seperti:
- Program Making Indonesia 4.0
- Insentif pajak ekspor
- Akses pembiayaan LPEI (Indonesia Eximbank) yang diperluas
- Untuk produk halal, target ekspor di 2026 bahkan diproyeksikan mencapai US$50 miliar.
“Sementara itu, produk berbasis nikel terutama baterai kendaraan listrik terus mendominasi pasar global dan menjadi andalan baru Indonesia,” katanya.
2026 Tahun Pembuktian Brand Lokal Indonesia
Dengan kombinasi reputasi yang kuat, standar ESG yang terjaga, dukungan kebijakan pemerintah, serta meningkatnya permintaan global, 2026 dianggap sebagai momentum emas bagi merek-merek Indonesia untuk menembus pasar global.
Disway Award 2025 yang akan digelar Desember nanti menjadi pembuktian bahwa brand lokal kini tak kalah kuat dari pemain internasional—asal reputasi tetap dijaga.
Harian Disway bersama Infovesta Kapital Advisori menyatakan siap mendampingi brand lokal melalui insight ekonomi, riset pasar, dan analisis investasi, agar potensi ekspor 2026 tidak hanya tercapai tetapi juga terus berkelanjutan. (Der)