Home Tekno Studi Ini Bilang Game Zelda: Breath of the Wild Bisa Bikin Orang Bahagia dan Punya Tujuan Hidup
Tekno

Studi Ini Bilang Game Zelda: Breath of the Wild Bisa Bikin Orang Bahagia dan Punya Tujuan Hidup

Bagikan
Zelda Breath of the Wild, Image: DALL·E 3
Zelda Breath of the Wild, Image: DALL·E 3
Bagikan

Metodologi Penelitian

Tim peneliti meminta peserta memainkan game ini dalam durasi tertentu. Mereka melakukan observasi sebelum dan sesudah sesi bermain, lalu mewawancarai peserta untuk mengukur perubahan emosional. Dengan cara ini, tim bisa melihat efek langsung sekaligus memahami bagaimana pengalaman bermain memengaruhi tujuan hidup.

Temuan Utama dan Dampaknya

Rasa Bahagia dan Ketenangan

Mahasiswa yang ikut serta merasa lebih tenang setelah menjelajahi dunia Hyrule. Petualangan dalam game menciptakan suasana relaksasi yang jarang mereka rasakan saat menghadapi rutinitas akademik.

Tujuan Hidup Lebih Jelas

Saat menjalani misi dalam game, pemain mulai merasakan bahwa hidup di luar layar juga bisa memiliki arah yang sama. Mereka terinspirasi untuk mencari makna dan menetapkan tujuan pribadi.

Percaya Diri yang Meningkat

Pemain melaporkan rasa percaya diri lebih tinggi setelah berhasil menaklukkan tantangan dalam game. Kesuksesan kecil di dunia virtual terbawa ke kehidupan nyata, membuat mereka lebih berani mengambil keputusan.

Perbandingan dengan Game Lain

Tidak semua game mampu memberikan efek serupa. Game kompetitif bisa memicu stres jika dimainkan berlebihan. Sebaliknya, game dengan dunia terbuka seperti Zelda: Breath of the Wild justru mendorong ketenangan dan refleksi diri.

Potensi Dampak Jangka Panjang

Penelitian ini baru menyoroti dampak jangka pendek. Untuk memastikan efek bertahan dalam jangka panjang, para ilmuwan masih perlu melakukan studi lanjutan. Walau begitu, hasil awal sudah memberi gambaran bahwa game bisa menjadi sarana positif untuk kesehatan mental.

Batasan dan Kritik Penelitian

Ukuran sampel yang kecil menjadi salah satu keterbatasan riset ini. Selain itu, faktor latar belakang individu juga berpengaruh pada hasil. Namun, temuan ini tetap penting karena membuka jalan bagi penelitian lebih mendalam di masa depan.

Manfaat untuk Generasi Muda

Generasi muda sering dianggap terlalu banyak menghabiskan waktu di depan layar. Namun, studi ini menunjukkan sisi lain. Dengan porsi bermain yang wajar, game bisa membantu anak muda mengurangi stres, mengembangkan kreativitas, dan membangun rasa percaya diri.

Game tidak lagi hanya berfungsi sebagai hiburan, tetapi juga bisa menjadi media pengembangan diri yang sehat.

Bagikan
Artikel Terkait
Santa Claus
Tekno

Cara Melihat Lokasi Santa Claus secara Real-Time, Gunakan Aplikasi Ini

Aplikasi yang Bisa Digunakan untuk Melihat Lokasi Santa NORAD Santa Tracker NORAD...

Samsung Galaxy A17
Tekno

Rekomendasi HP Rp2 Jutaan Akhir 2025, Layar AMOLED dan Kamera OIS

Segmen Paling “Value” di 2025 Pengamat teknologi menilai, segmen Rp2 jutaan di...

Tekno

Perkuat Hilirisasi dan Kolaborasi Riset, BRIN siapkan Rumah Inovasi Indonesia

Arif menyebutkan, pembangunan Rumah Inovasi Indonesia menjadi bagian dari upaya reformasi tata...

Tekno

Huawei MatePad 12X 2026, Tablet Rasa PC untuk Profesional dan Kreator

Selama periode promosi 9–31 Januari 2026, pembeli MatePad 12X 2026 berkesempatan mendapatkan...