Home News Tiket Laris Manis, 387 Ribu Calon Penumpang Akan Gunakan Transportasi KA di Masa Nataru
News

Tiket Laris Manis, 387 Ribu Calon Penumpang Akan Gunakan Transportasi KA di Masa Nataru

Bagikan
Ratusan ribu calon penumpang telah memesan tiket KA untuk periode Nataru 2025/2026.
Ratusan ribu calon penumpang telah memesan tiket KA untuk periode Nataru 2025/2026.
Bagikan

finnews.id – Hingga kini tercatat sudah 387.373 calon penumpang yang memesan tiket kereta api pada masa angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2025/2026.

Ratusan ribu calon penumpang tersebut akan menggunakan transportasi kereta api untuk periode keberangkatan 18 Desember 2025 – 4 Januari 2026.

Menurut Manager Humas PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 1 Jakarta, Franoto Wibowo, jumlah pemesan tiket Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) sebanyak 367.373 orang dan KA Lokal Pangrango sebanyak 20.000 orang.

Berdasarkan data keberangkatan, Stasiun Pasar Senen masih menjadi stasiun dengan volume penumpang tertinggi, yakni 167.527 orang, disusul Stasiun Gambir sebanyak 87.019 orang, Stasiun Bekasi 51.241 orang, Stasiun Cikarang 26.234 orang, serta sisanya dari Stasiun Jatinegara, Karawang, dan Cikampek.

“Calon penumpang paling banyak memilih tanggal keberangkatan pada 24 Desember 2025 dengan 38.485 orang, diikuti tanggal 25 Desember 2025 sebanyak 37.092 orang, serta 23 Desember 2025 dengan 30.577 orang. Sementara sisanya, pada tanggal-tanggal keberangkatan lainnya,” jelas Franoto, Senin, 15 Desember 2025.

Jumlah Pengguna Transportasi KA di Masa Nataru Meningkat

KAI Daop 1 Jakarta menyediakan 1.732 perjalanan KA, terdiri dari KAJJ dan KA lokal. Jumlah ini meningkat sekitar 10 persen dibandingkan realisasi Angkutan Nataru 2024/2025 yang sebanyak 1.577 perjalanan.

Dari sisi kapasitas, KAI Daop 1 Jakarta menyiapkan 909.536 tempat duduk atau per hari 50.530 tempat duduk, meningkat sekitar 1 persen dibandingkan periode sebelumnya yang menyediakan 898.238 tempat duduk.

“Kami terus berupaya memberikan layanan terbaik dengan menambah perjalanan, meningkatkan kapasitas tempat duduk, serta memastikan kesiapan sarana, prasarana, dan petugas di lapangan,” kata Franoto.

Franoto menambahkan, calon penumpang dapat memanfaatkan aplikasi Access by KAI untuk melihat ketersediaan tempat duduk secara waktu terkini serta melakukan pemesanan.

Bagikan
Artikel Terkait
Kebakaran Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur.
News

Kerugian Kebakaran Ratusan Kios di Pasar Induk Kramat Jati Ditaksir Mencapai Rp10 Miliar

finnews.id – Kebakaran hebat yang melanda Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur...

BGN larang mobil pengangkut menu MBG masuk halaman sekolah.
News

BGN Perketat SOP: Mobil Pengangkut Menu MBG Tak Boleh Masuk Halaman Sekolah!

finnews.id – Pasca insiden tertabraknya puluhan siswa oleh mobil Satuan Pelayanan Pemenuhan...

Kapolri Jadikan Perpol Bahan Revisi UU Polri,
News

 Kapolri Jadikan Perpol Bahan Revisi UU Polri, Apa Dampaknya?

Finnews.id – Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo mengambil langkah berani dengan...

Prabowo Ingatkan Menteri Tak Gentar Dihujat
News

Prabowo Ingatkan Menteri Tak Gentar Dihujat: Dimaki Itu Risiko!

Finnews.id – Presiden Prabowo Subianto meminta seluruh jajaran Kabinet Merah Putih untuk...