Finnews.id – Sorotan tajam kini mengarah pada Bandara PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) yang diduga kuat beroperasi tanpa kehadiran Bea Cukai dan Imigrasi. Yang lebih mengejutkan, terbongkar fakta jika bandara privat ini ternyata memiliki sejarah kelam dalam proses perizinan. Termasuk penolakan keras dari Ignasius Jonan.
Pada tahun 2016, Kementerian Perhubungan di bawah kepemimpinan Ignasius Jonan menolak permohonan izin pembangunan bandara privat IMIP.
Keputusan ini dibuat dalam periode Jonan menjabat sebagai Menteri Perhubungan sejak 27 Oktober 2014.
Selama ini Jonan dikenal dengan sikap tegasnya dalam penerapan regulasi. Termasuk dalam hal perizinan bandara.
Penolakan ini terjadi sebelum Jonan digeser dari posisinya sebagai Menhub dalam reshuffle kabinet yang dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi).
Izin Terbit di Era Budi Karya Sumadi
Pergantian pucuk pimpinan di Kementerian Perhubungan membawa angin perubahan bagi proyek bandara IMIP.
Budi Karya Sumadi yang menggantikan Jonan pada 27 Juli 2016 memberikan restu alias persetujuan yang sebelumnya ditolak.
Dalam waktu relatif singkat setelah pergantian menteri, tepatnya pada tahun 2017, pembangunan bandara privat IMIP akhirnya dimulai dengan izin yang telah diperoleh.
Dua tahun kemudian, tepatnya 2019 bandara itu selesai. Jokowi sendiri yang meresmikan Bandara tersebut.
Perbedaan pendekatan antara dua menteri ini menimbulkan pertanyaan mendasar tentang konsistensi kebijakan perizinan bandara privat di Indonesia.
Dari yang semula ditolak, bandara IMIP akhirnya bisa dibangun dan beroperasi. Yang terbaru, kini jadi sorotan karena ketiadaan aparat Bea Cukai dan Imigrasi.
Fakta bandara ini dibangun pada 2017—hanya setahun setelah pergantian menteri—memperkuat dugaan adanya perubahan kebijakan yang signifikan dalam proses perizinan bandara privat.
Konteks Politik dan Regulasi Perizinan
Periode 2016-2017 menjadi masa krusial dalam perjalanan izin bandara IMIP. Transisi kepemimpinan di Kementerian Perhubungan berimplikasi langsung pada nasib proyek strategis ini.
- akses penerbangan menuju kawasan industri Morowali
- analisis kebijakan transportasi era Jokowi
- Bandara Eksklusif IMIP
- Bandara Ilegal Morowali
- bandara ilegal tambang nikel
- Bandara IMIP
- Bandara IMIP Morowali
- Bandara IMIP Sulawesi Tengah
- Bandara IMIP Sulawesi Tengah kode IATA
- Bandara Morowali
- Bandara Pribadi IMIP
- Bandara privat IMIP
- Bandara PT IMIP Morowali
- Bandara PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP)
- Bandara Swasta
- Bandara Swasta Indonesia
- Bandara Swasta Morowali
- bandara tanpa bea cukai di kawasan industry
- Biaya operasional Bandara Swasta IMIP
- BONGKAR SKANDAL IZIN BANDARA IMIP
- cara mendapatkan izin slot time Bandara IMIP
- Cara menggunakan Bandara IMIP
- Dampak ekonomi bandara ilegal tambang nikel
- Fakta bandara ilegal IMIP Morowali
- fakta bandara tertutup Morowali
- Fasilitas bahan bakar pesawat Air BP Bandara IMIP
- Fasilitas Bandara IMIP
- fasilitas bandara Morowali
- fasilitas bandara swasta IMIP di Morowali
- Headline
- Ignasius Jonan tolak bandara IMIP
- Investigasi bandara tanpa imigrasi Indonesia
- investigasi kawasan IMIP Morowali
- izin bandara IMIP
- Izin bandara IMIP Budi Karya Sumadi
- izin bandara pribadi IMIP
- Kebocoran tambang ilegal Indonesia
- kedaulatan Indonesia di Morowali
- kontroversi bandara IMIP Morowali
- KONTROVERSI IZIN BANDARA IMIP
- landasan pacu bandara IMIP
- MENHAN BONGKAR BANDARA TERTUTUP MOROWALI
- Morowali
- operasional bandara IMIP
- Otoritas bandara kawasan industri Morowali
- PCN Landasan Pacu Bandara IMIP
- penolakan izin bandara IMIP oleh Jonan
- perbandingan kebijakan Jonan vs Budi Karya
- prosedur pendaratan pesawat pribadi di Bandara IMIP
- PT Indonesia Morowali Industrial Park
- sejarah bandara privat IMIP
- Siapa Saja yang Bisa Mendarat di Bandara IMIP Morowali
- SKANDAL BANDARA ILEGAL
- Skandal Bandara IMIP
- spesifikasi bandara IMIP Morowali
- spesifikasi runway Bandara IMIP
- Syarat pendaratan pesawat di Bandara IMIP
- Syarat penerbangan ke Bandara IMIP
- Transportasi ke IMIP Morowali