Home Megapolitan KAI Terapkan Face Recognition di Stasiun Gambir, Begini Cara Daftarnya
Megapolitan

KAI Terapkan Face Recognition di Stasiun Gambir, Begini Cara Daftarnya

Bagikan
Situasi terkini pemudik di Stasiun Gambir Jakarta
Situasi terkini pemudik di Stasiun Gambir Jakarta (Tuahta Aldo / finnews.id)
Bagikan

finnews.id – PT Kereta Api Indonesia (KAI) telah menerapkan “face recognition” atau pengenalan wajah untuk penumpang yang akan “boarding” di Stasiun Gambir, Jakarta, untuk meminimalkan antrean.

Manajer Humas KAI Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko di Jakarta, Minggu, mengatakan, KAI menyediakan tempat pendaftaran “face recognition” di Stasiun Gambir, untuk mempermudah para penumpang ketika akan naik kereta atau boarding.

“Sudah banyak yang mendaftar akun ‘face recognition‘,” kata Ixfan.

Menurut dia, penumpang tidak lagi harus mencetak tiket “boarding” ketika telah memiliki akun “face recognition” dan pendaftaran ini hanya perlu dilakukan sekali dan berlaku untuk perjalanan selanjutnya tanpa perlu mengulang proses registrasi.

Untuk mendaftar akun “face recognition” pelanggan bisa mendatangi lokasi pendaftaran, di Stasiun Gambir dan stasiun kereta lainnya serta dapat melalui aplikasi KAI Access.

Berikut cara mendaftar layanan Face Recognition (FR) melalui aplikasi Access by KAI, pertama buka aplikasi Access by KAI di ponsel dan masuk ke akun yang dimiliki. Jika belum memiliki akun, lakukan pendaftaran terlebih dahulu.

Selanjutnya, pilih menu “Akun” di bagian bawah aplikasi. Kemudian pilih opsi “Registrasi Face Recognition“. Baca syarat dan ketentuan yang muncul, lalu klik “Setuju” jika menyetujuinya.

Yang tidak kalah penting yaitu periksa data diri seperti Nama Lengkap, NIK, dan Tanggal Lahir. Pastikan data tersebut sudah benar.

Kemudian klik “Foto Selfie” untuk mengambil foto diri. Pastikan pencahayaan cukup dan wajah terlihat jelas sesuai panduan yang diberikan. Setelah foto diambil dan data diri lengkap, klik “Daftar Sekarang”.

Konfirmasi data yang telah dimasukkan, lalu klik “Ya, Daftar” untuk menyelesaikan proses pendaftaran.

“Jika terjadi kesalahan dalam pengisian data atau perlu memperbarui data, harus datang ke Customer Service Stasiun untuk melakukan perubahan data dengan membawa KTP,” kata Ixfan.

Bagikan
Artikel Terkait
Megapolitan

Sekar Arum Ngaku Amal ke Kotak Masjid Istiqlal, Polisi: Kita Harus Telusuri

finnews.id – Kasus uang palsu atau upal yang melibatkan mantan artis sinetron...

Megapolitan

Edarkan Upal, Sekar Arum Akui Sempat Amal ke Masjid Istiqlal Rp10 Juta

finnews.id – Sekar Arum (41), perempuan kelahiran 2 November 1984 ini sempat...

Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Pusat AKBP Muhammad Firdaus (kiri) saat memberikan keterangan kepada media di Jakarta, Rabu (16/4/2025).
Megapolitan

Pelaku dan Korban Pelecehan Seks di Stasiun Tanah Abang Sepakat Damai

finnews.id – Korban dan pelaku pelecehan seksual di Stasiun Tanah Abang, Jakarta...

Kepala Samsat Balaraja Ali Hanafiah. (Poto: Rikhi Ferdian)
Megapolitan

Kepala Samsat Balaraja Bantah Adanya Pungli dalam Program Pemutihan PKB

finnews.id – Kepala Samsat Balaraja, Kabupaten Tangerang, Ali Hanafiah, membantah adanya pungutan...