Catatan Dahlan Iskan

Sawit Atas

Bagikan
Bagikan

BEGITU mendarat di bandara Morowali, kemarin, saya disapa sesama penumpang dari Makassar. Ia jurusan Balikpapan-Makassar-Morowali. Saya jurusan Surabaya-Makassar-Morowali.

“Sudah ada yang menjemput Pak?”

“Belum ada”.

“Tujuannya ke mana, Pak?”

“Tidak tahu”.

Terdiam.

“Anda sendiri mau ke mana?”

“Saya ada kantor di sini Pak,” katanya.

“Ada mobil?”

“Ada”.

“Boleh ikut?”

“Sangat boleh. Senang sekali”.

Sebenarnya saya sudah melihat-lihat brosur di meja kecil yang ditunggu dua wanita muda di dekat pengambilan bagasi. Adakah mobil yang bisa disewa. Ada Avanza. Ada Xenia. Ada beberapa. Semua mobil kelas itu. Tidak ada yang sedikit lebih besar. Satu jam Rp 400.000. Ada yang Rp 800.000.

Saya ikut mobil yang gratis.

“Sering ke Morowali?” tanya saya.

“Setahun dua-tiga kali”.

“Punya proyek apa?”

“Survei dan pemetaan tanah”.

Namanya: Arif Setiawan. Orang Kebumen. Alumnus geodesi UGM. Pun S-2-nya. Di Morowali ia punya karyawan 20 orang –enam di antaranya insinyur geodesi.

Bandara Morowali ini masih terlihat baru. Kecil tapi tertata dan bersih. Termasuk toiletnya. Material bangunannya bukan kelas tiga.

Pesawat yang mendarat di bandara ini hanya dari dua jurusan: Makassar (enam kali sehari) dan Palu (sekali sehari). Semuanya Wings Air.

Jarak tempuh Makassar-Morowali 1,5 jam. Pesawatnya melintasi Teluk Bone, lalu, sesaat sebelum mendarat melintasi danau Towuti.

Bandara ini milik Pemkab Morowali. Bukan bandara yang sedang jadi topik berita di medsos. Yang diributkan itu adalah bandara khusus milik perusahaan nikel. Lokasinya di dekat industrial estate –sekitar dua jam perjalanan mobil dari bandara yang saya darati itu.

Dulu Freeport juga punya bandara khusus di Timika. Lama-lama pesawat komersial boleh ikut mendarat di sana. Pun di Bontang/Sangatta, bandaranya khusus milik perusahaan minyak. Kini juga boleh untuk pesawat komersial.

Bandara nikel di Morowali kelihatannya akan tetap berstatus bandara khusus. Kan sudah punya bandara komersial –meskipun landasannya kalah panjang.

“Kita tunggu mobil di sini,” ujar Arif yang berhenti di teras bandara. Arif menjabat dirut di perusahaan survei yang dimiliki empat alumnus geodesi UGM itu.

Bagikan
Artikel Terkait
Catatan Dahlan Iskan

Gula Semut  

LIMA pengusaha kecil anggota Hipmi Mojokerto saya minta naik panggung. Saya heran:...

Catatan Dahlan Iskan

Dua Satu

YANG hebat dari NU: punya dua pengurus besar tapi keduanya berkantor di...

Catatan Dahlan Iskan

Otot Kuat  

BUKAN baru sekarang ini menantu Pak Iskan itu kesakitan (lihat Disway: Empati...

Empati Wanita
Catatan Dahlan Iskan

Empati Wanita

Saya khawatir: Ira Puspadewi membaca komentar perusuh Disway yang bernama samaran ”Definisi...