“Ini yang disampaikan Menhan Pak Sjafrie. Di situ tidak ada bea cukai dan imigrasi. Dan beliau bilang, nggak boleh ada negara di dalam negara,” terang Edna menirukan Sjafrie.
Sorotan Kebocoran Tambang yang Berulang
Edna menilai persoalan ini bukan isu baru. Ia mengaitkannya dengan narasi “kebocoran” di sektor tambang yang sudah disorot sejak Pemilihan Presiden 2014 silam.
Latihan TNI yang digelar dengan sandi “perebutan pangkalan udara” di daerah seperti Bangka Belitung dan Morowali dinilai sebagai respons atas potensi kebocoran ini.
Pernyataan Menteri Pertahanan dinilai sebagai pesan yang sangat serius, bukan hal sepele. Dalam jabatannya, pernyataan bahwa “tidak boleh ada negara dalam negara” adalah bentuk penegasan kedaulatan.
“Untuk jabatan menteri itu pernyataan yang teramat jelas. Beliau juga ngomong kita harus berdaulat, ini harta kita, kita harus menjaganya. Tambang ini harus untuk kesejahteraan bangsa Indonesia dan kita harus tahu barang yang keluar masuk,” papar Edna.
Pertanyaan Mendasar yang Tak Terjawab
Fakta bandara ini telah beroperasi sejak 2019 menimbulkan pertanyaan besar. Bagaimana bisa sebuah bandara beraktivitas selama bertahun-tahun tanpa kehadiran aparatur negara?
Edna mendesak publik untuk terus mengawasi perkembangan kasus ini. Terutama setelah Menhan berjanji akan melaporkannya kepada Presiden Prabowo.
Tindakan minimal yang diharapkan adalah dengan menempatkan petugas Bea Cukai dan Imigrasi di bandara tersebut.
Selain itu, aspek keselamatan penerbangan (airnav) dan kepatuhan regulasi udara juga harus segera ditertibkan.
“Itu terjadi sejak 2019. IMIP-nya sendiri ada sejak 2010. Tetapi memang kemudian dikembangkan zaman Jokowi,” papar Edna.
Yang jelas, bandara ini diresmikan Jokowi pada Desember 2018. Peresmiannya juga ditayangkan di website resmi Sekretariat Kabinet berjudul: Presiden Jokowi Resmikan Bandara Baru di Morowali dan 4 Terminal Bandara di Sulawesi.
- akses penerbangan menuju kawasan industri Morowali
- Bandara Eksklusif IMIP
- Bandara Ilegal Morowali
- bandara ilegal tambang nikel
- Bandara IMIP
- Bandara IMIP Morowali
- Bandara IMIP Sulawesi Tengah
- Bandara IMIP Sulawesi Tengah kode IATA
- Bandara Morowali
- Bandara Pribadi IMIP
- Bandara privat IMIP
- Bandara PT IMIP Morowali
- Bandara PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP)
- Bandara Swasta
- Bandara Swasta Indonesia
- Bandara Swasta Morowali
- bandara tanpa bea cukai di kawasan industry
- Biaya operasional Bandara Swasta IMIP
- cara mendapatkan izin slot time Bandara IMIP
- Cara menggunakan Bandara IMIP
- Dampak ekonomi bandara ilegal tambang nikel
- Fakta bandara ilegal IMIP Morowali
- fakta bandara tertutup Morowali
- Fasilitas bahan bakar pesawat Air BP Bandara IMIP
- Fasilitas Bandara IMIP
- fasilitas bandara Morowali
- fasilitas bandara swasta IMIP di Morowali
- Headline
- Investigasi bandara tanpa imigrasi Indonesia
- investigasi kawasan IMIP Morowali
- izin bandara pribadi IMIP
- Kebocoran tambang ilegal Indonesia
- kedaulatan Indonesia di Morowali
- landasan pacu bandara IMIP
- MENHAN BONGKAR BANDARA TERTUTUP MOROWALI
- Morowali
- operasional bandara IMIP
- Otoritas bandara kawasan industri Morowali
- PCN Landasan Pacu Bandara IMIP
- prosedur pendaratan pesawat pribadi di Bandara IMIP
- PT Indonesia Morowali Industrial Park
- Siapa Saja yang Bisa Mendarat di Bandara IMIP Morowali
- SKANDAL BANDARA ILEGAL
- Skandal Bandara IMIP
- spesifikasi bandara IMIP Morowali
- spesifikasi runway Bandara IMIP
- Syarat pendaratan pesawat di Bandara IMIP
- Syarat penerbangan ke Bandara IMIP
- Transportasi ke IMIP Morowali