Kendaraan Bertransmisi Otomatis
Home Otomotif Memahami Fungsi Huruf dan Angka pada Kendaraan Bertransmisi Otomatis
Otomotif

Memahami Fungsi Huruf dan Angka pada Kendaraan Bertransmisi Otomatis

Bagikan
Bagikan

finnews.id – Bagi pengendara baru, kendaraan bertransmisi otomatis seringkali terlihat lebih mudah dikendarai dibandingkan mobil manual. Namun, tanpa pemahaman yang tepat tentang fungsi setiap tuas transmisi, pengalaman berkendara bisa menjadi kurang optimal. Nah, agar tidak bingung, mari kita kupas satu per satu arti dan kegunaan huruf serta angka pada kendaraan bertransmisi otomatis.

P (Parkir): Posisi Aman Saat Berhenti

Huruf P atau Parkir adalah posisi yang digunakan ketika kendaraan sedang di parkir. Pada mode ini, transmisi terkunci sehingga mobil tidak akan bergerak meski didorong. Posisi ini juga menjadi titik awal saat menyalakan mesin atau mematikan kendaraan. Pastikan selalu menggeser tuas ke P sebelum meninggalkan mobil untuk menghindari risiko tergelincir.

R (Reverse): Mundur dengan Lancar

Sesuai namanya, R atau Reverse di gunakan saat ingin memundurkan kendaraan. Sebelum mengaktifkannya, pastikan mobil benar-benar berhenti total untuk mencegah kerusakan pada sistem transmisi.

N (Netral): Bebaskan Roda dari Mesin

Posisi N atau Netral membuat hubungan antara mesin dan roda dalam keadaan bebas. Dalam mode ini, kendaraan tidak akan bergerak meski gas di injak, kecuali di dorong atau berada di permukaan miring. Biasanya, N di gunakan saat mobil sedang di tarik atau dalam kondisi macet panjang untuk sementara waktu.

D (Drive): Berkendara Normal dengan Nyaman

D atau Drive adalah posisi utama saat berkendara maju dalam kondisi normal. Transmisi otomatis akan menyesuaikan gigi secara otomatis sesuai kecepatan, sehingga pengemudi tidak perlu repot mengganti persneling. Mode ini sangat praktis untuk perjalanan harian di jalan raya.

2/S (Second): Tenaga Ekstra di Medan Menanjak

Beberapa kendaraan bertransmisi otomatis memiliki mode 2/S atau Second, yang membatasi perpindahan gigi hingga maksimal gigi kedua. Mode ini berguna saat melintasi medan pegunungan atau tanjakan, sekaligus membantu melakukan engine brake agar rem tidak cepat aus.

1/L (Low): Daya Maksimal untuk Tanjakan Ekstrem

Untuk medan yang sangat curam, mode 1/L atau Low akan mengunci transmisi pada gigi pertama. Ini memberikan tenaga maksimal sehingga mobil bisa menanjak dengan lebih stabil tanpa risiko terjatuh atau kehilangan traksi.

Bagikan
Artikel Terkait
Pengunjung memadati ruang pamer mobil yang hadir diajang pameran automotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2025 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Serpong, Kabupaten Tangerang, Banten, Kamis (24/7/2025). (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/
Otomotif

Ingin Kredit Mobil Baru? Ini 4 Tips Penting yang Wajib Diketahui

finnews.id – Pameran otomotif seringkali menjadi magnet bagi banyak orang yang berencana...

Otomotif

Harga Mobil Listrik Wuling Air ev Bekas, Dijual Mulai Dari Rp 130 Jutaan

FINNEWS.ID – Tren mobil listrik di Indonesia nggak cuma terasa di showroom...

Daftar Leasing Kredit Mobil Bunga Paling Rendah 2025, Cocok Buat Kamu yang Mau Hemat Cicilan
Otomotif

Daftar Leasing Kredit Mobil Bunga Paling Rendah 2025, Cocok Buat Kamu yang Mau Hemat Cicilan

finnews.id – Daftar leasing kredit mobil bunga paling rendah sering jadi incaran...

Otomotif

Hyundai Palisade 2025: Menguak Kemewahan dan Kenyamanan Interior yang Revolusioner

finnews.id – Hyundai Palisade 2025 telah tiba dengan gebrakan, bukan hanya sekadar...