Home Otomotif Mudik Aman dengan Mobil Matik, Tips Menghadapi Jalan Turunan
Otomotif

Mudik Aman dengan Mobil Matik, Tips Menghadapi Jalan Turunan

Bagikan
Foto ilustrasi mobil matic
Foto ilustrasi transmisi mobil matic (Dokumen Istimewa)
Bagikan

finnews.id – Saat mudik menggunakan mobil matik, memang menawarkan kenyamanan lebih, tanpa membuat kaki anda pegal saat tiba di kampung halaman.

Tanpa harus repot melakukan perpindahan gigi, anda akan terasa lebih santai ketika mudik menggunakan mobil matic, terutama di kondisi jalanan sedang padat.

Namun ada tantangan tersendiri yang perlu diperhatikan saat mudik melewati jalan turunan, terutama bagi pengendara mobil matik.

Tips Menghadapi Jalan Turunan Saat Mudik

Teknik ini membantu mengurangi beban pada sistem pengereman, yang jika tidak diperhatikan, bisa berisiko menyebabkan rem blong. 

Pada mobil matik, engine brake bisa dilakukan dengan mengatur tuas transmisi ke posisi gigi rendah, seperti D2, D1, atau L. 

Bagi mobil matik yang sudah dilengkapi dengan mode manual, pengemudi tinggal mengatur posisi gigi ke level rendah sesuai kebutuhan.

Penggunaan low gear sangat penting, selain berguna untuk menghadapi tanjakan, low gear juga berfungsi menjaga agar rasio gigi tidak secara otomatis berpindah ketika putaran mesin meningkat. 

Dengan menjaga putaran mesin tetap tinggi, mobil akan lebih terkendali dan laju kendaraan bisa ditekan tanpa terlalu bergantung pada sistem rem.

Atur Penggunaan Rem saat di Jalur Turunan

Penting untuk diingat bahwa pengandalan rem secara berlebihan dapat menyebabkan peningkatan panas pada sistem pengereman. 

Hal ini mengurangi daya cengkeram kampas rem terhadap cakram, yang pada akhirnya mengurangi efektivitas pengereman.

Namun, meskipun engine brake penting, tidak disarankan untuk sepenuhnya mengandalkan teknik ini. 

Peningkatan putaran mesin yang berlebihan juga dapat memberikan beban tambahan pada oli transmisi, yang bisa menyebabkan girboks menjadi panas dan berpotensi mengalami overheat. 

Oleh karena itu, penggunaan engine brake dan rem harus dilakukan secara seimbang dan saling mendukung agar mobil tetap aman dan tidak meluncur dengan kecepatan yang tidak terkendali.

Bagikan
Artikel Terkait
Otomotif

5 Cara Efektif Menghilangkan Baret di Kaca Mobil, Tanpa Harus ke Bengkel!

finnews.id – Baret atau goresan di kaca mobil sering kali membuat tampilan...

Geely Starray EM-i bisa menempuh hingga 1.000 km dalam kondisi baterai dan tangki bensin penuh.
Otomotif

Geely Starray EM-i, SUV PHEV dengan Jarak Tempuh Terjauh di Kelasnya

finnews.id – Geely Holding Group telah merilis model terbarunya yang bertenaga plug-in...

performa Piasti menurun
Otomotif

Performa Piastri Menurun atau Norris yang Lagi On Fire? Analisis Duel Sengit di Internal McLaren

finnews.id – Musim Formula 1 2025 semakin panas setelah rumor dan analisis...

Penyebab Starter Motor Mati
Otomotif

7 Penyebab Starter Motor Mati yang Gak Ada Hubungannya dengan Aki Soak

finnews.id – Banyak orang mengira penyebab starter motor mati selalu disebabkan oleh...